5 Gaya Hidup Sehat yang Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

  • Bagikan
Metode
Menjaga Kesehatan Jantung. Gambar : Istimewa

JAWATIMUR.INDOtayang.com – Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, tercatat angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya 12 dari seribu orang, atau sekarang 4,2 juta orang, menderita penyakit kardiovaskular dan hampir 2,8 juta diantaranya menderita penyakit jantung. Oleh karenanya, menjalani gaya hidup sehat jantung itu penting. American Health Association (AHA), dilansir Well And Good, menjelaskan beberapa gaya hidup yang bisa menjaga kesehatan jantung.

Berikut gaya hidup yang bisa menjaga kesehatan jantung, yakni :

1. Jalan kaki adalah olahraga yang cukup

Menurut ahli jantung, jalan santai selama 15 menit cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Selain jalan kaki, olahraga lain yang memiliki manfaat paling besar untuk jantung adalah aktivitas aerobik, seperti berenang, berlari, spinning serta latihan fleksibilitas.

2. Tidur jam 10 malam

Sebuah studi yang terbit di European Heart Journal menunjukkan bahwa jam 10 hingga 11 malm merupakan waktu ideal untuk tidur. Menurut peneliti yang mengamati lebih dari 10.000 subjek, orang yang tertidur antara jam 10 hingga 10.59 memiliki insiden penyakit kardiovaskular terendah.

3. Jaga hidrasi tubuh

RIset menunjukkan bahwa ada hubungan antara dehidrasi dengan gagal jantung. Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tetap terhidrasi kemungkinan memiliki manfaat pencegahan.

4. Menjaga asupan protein

Protein secara khusus berkontribusi pada kesehatan jantung secara menyeluruh. Protein yang baik untuk jantung berasal dari tanaman, seperti kacang-kacangan, lentik, buncis, dan tempe. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan malam berbasis nabati secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, dibanding dengan makan malam penuh karbohidrat olahan serta daging.

5. Menggunakan minyak zaitun

Tahun ini, AHA merilis pernyataan resmi yang mencakup 10 fitur makanan yang meningkatkan kesehatan jantung. Di daftar atas, tercantum minyak tumbuhan non-tropis, seperti minyak zaitun atau bunga matahari, sebagai minyak yang paling menyehatkan jantung.(Manu)

Sumber : suara.com

  • Bagikan