Gempa M 5,1 Jember Terasa hingga Posko Darurat Bencana Semeru

  • Bagikan
Getaran Gempa
Gempa M 5,1 Jember Terasa hingga Posko Darurat Bencana Semeru. Gambar : Istimewa

LUMAJANG, jawatimur.INDOtayang.com – Gempa M 5,1 terjadi di barat daya Jember. Selain di Jember, gempa juga kita rasakan di Kabupaten Lumajang. Bahkan, petugas tim SAR gabungan yang berada di posko tanggap darurat bencana Gunung Semeru, di Lapangan Candipuro juga merasakan getaran gempa. Sehingga sempat terjadi kepanikan.

Gempa dengan M 5,1 terekam sensor milik BMKG. Seperti yang disampaikan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Pasuruan Jati Cipto Kuncoro, yang sedang berada di posko tanggap darurat bencana Gunung Semeru

“Gempa dengan M 5,1 yang berpusat di Jember juga dapat kita rasakan di posko tanggap darurat bencana Gunung Semeru. Kebetulan kita berada di sini bersama dengan tim SAR gabungan,” ujar Jati kepada detikcom, Kamis (16/12/2021).

Meski gempa kita rasakan di Lumajang, hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut. Gempa terjadi sekitar pukul 06.01 WIB.

Getaran Gempa juga  Dirasakan di Sejumlah Kabupaten/Kota

Warga Banyuwangi dapat merasakan Gempa Jember Magnitudo 5.1. Aktivitas masyarakat sempat terhenti, karena warga kaget dengan getaran gempa tersebut. Warga Banyuwangi sempat lari keluar rumah karena getaran gempa terasa sekali. Dia mengaku kaget atas guncangan gempa tadi.

“Iya tadi kerasa sekali, saya keluar rumah lari,” kata Dana, warga Pengantigan, Banyuwangi, Kamis (16/12/2021).

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan guncangan gempa bumi dirasakan di sejumlah wilayah lain.

Misalnya di daerah Puger, Jember kita rasakan V MMI atau hampir semua penduduk dapat merasakan getaran, sehingga orang banyak terbangun. Lalu di Jember termasuk IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sedangkan di Denpasar, Kuta, Legian masuk dalam III MMI atau getaran dapat kita rasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

“Banyuwangi II hingga III MMI atau getaran kita rasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu dan Jimbaran, Karangkates, Lumajang, Bondowoso II MMI atau beberapa orang dapat merasakan getaran, benda-benda ringan yang menggantung bergoyang,” papar Bambang.

Pusat gempa berada di 8.55 Lintang Selatan, 113.49 Bujur Timur. Atau 42 KM barat daya Jember. BMKG menginformasikan bahwa gempa Jember berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer.(Manu)

Sumber : detik.com

  • Bagikan