Terkesan Angker, 9 Kisah Misteri Gunung Semeru Lumajang

  • Bagikan
Kisah Semeru
Gunung Semeru, Lumajang. Gambar : Istimewa

LUMAJANG, INDOtayang.com – Gunung Semeru kembali erupsi pada Sabtu (4/12/2021) dengan mengeluarkan awan tebal dan panas, abu vulkanik serta aliran lahar dingin. Guguran (lava) meluncur ke curah kobokan. Gunung yang menyimpan banyak kisah misteri ini pertama kali erupsi pada tahun 1818.

Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru memiliki ketinggian hingga mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Hingga saat ini, Semeru masih sering didaki oleh para pecinta alam.

Berbicara tentang misteri, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung di Indonesia yang cukup banyak menyimpan cerita misteri dan cerita mistis.

Penasaran dengan kisah misterinya? Berikut beberapa kisah misteri dan cerita mistis Gunung Semeru.

Misteri Arcopodo

Bagi para pendaki, kawasan Arcopodo sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Karena, tempatnya datar dan luas.

Nah, tepat di kawasan ini, ada 2 patung prajurit. Diduga patung tersebut merupakan prajurit dari Majapahit. Tapi tidak semua orang bisa melihat patung tersebut, karena tak kasat mata.

Nama Arcopodo sendiri sesuai dengan bentuk patungnya. Arti nama tersebut adalah dua arca atau dua penjaga.

Beberapa pendaki mengaku pernah melihatnya. Namun, setiap orang yang pernah melihatnya dalam ukuran berbeda-beda. Kawasan Arcopodo ini menjadi pengalaman mistis pendaki Gunung Semeru.

Cerita Tanjakan Cinta yang Melegenda

Tidak jauh dari danau Ranu Kumbolo, ada sebuah tanjakan yang sangat populer sekali. Kawasan ini bernama Tanjakan Cinta. Tanjakan ini akan dilalui oleh para pendaki setelah beristirahat di danau tersebut. Meskipun tidak terjal, tanjakannya tergolong sangat panjang sekali.

Nah, disinilah ada mitos yang masih cukup kuat diyakini oleh pendaki. Mitos tersebut yaitu, jika pendaki berhasil melewatinya tanpa beristirahat, maka permohonan cintanya akan menjadi kenyataan.

Dari mitos dan legenda itulah kenapa tempat ini kita namakan Tanjakan Cinta.

Cerita Seram di Kawasan Kelik

Di Gunung Semeru, ada tempat yang syarat dengan cerita seram, yaitu Kelik.

Di tempat ini, kamu akan melihat ada beberapa batu “in memoriam”. Batu tersebut menandakan bahwa pernah ada orang yang meninggal di sana.

Salah satu batu “in memoriam” paling populer yaitu milik Soe Hok Gie.

Di tempat ini, kerap kali terjadi hal yang menyeramkan. Salah satu yang sering terjadi adalah kesurupan yang dialami oleh beberapa pendaki.

Katanya, para pendaki tersebut dirasuki oleh oleh roh halus.

Di atas Semeru, terdapat sebuah danau bernama Ranu Kumbolo. Nah, di tempat ini, konon sering ada penampakan wanita.

Wanita tersebut terlihat memakai kebaya kuning. Menurut legenda masyarakat, konon dia adalah seorang dewi.

Datangnya sosok wanita berkebaya kuning ini, akan ditandai dengan munculnya asap. Tanda lainnya yaitu, muncul ketika bulan purnama.

Misteri Ikan Mas Ranu Kumbolo

Kisah misteri gunung Semeru Lumajang selanjutnya, selain sosok dewi, misteri tentang ikan mas penunggu di danau tersebut juga menjadi kisah misteri yang populer.

Bahkan, ada larangan bagi pendaki agar tidak memancing dan menangkap ikan mas di Ranu Kumbolo.

Menurut keyakinan masyarakat setempat, ikan mas tersebut merupakan penjelmaan dewi. Menurut mitos setempat, konon ia merupakan sosok penjaga kawasan tersebut.

Meski begitu, hal ini masih sekedar mitos. Faktanya, banyak pendaki yang memancing di sana.

Gunung Semeru Merupakan Bapak Gunung Agung

Mitos Semeru tidak hanya datang dari kalangan masyarakat Jawa. Bagi masyarakat Bali, Semeru adalah gunung yang dihormati. Mereka meyakini bahwa gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, adalah Bapak Gunung Agung. Faktanya, hingga saat ini, kebanyakan masyarakat Bali masih sering melakukan upacara sesaji. Sesaji tersebut mereka persembahkan untuk dewa-dewa yang bersemayam di Semeru.

Melakukan Upacara sesaji 8 hingga 12 tahun sekali. Yaitu, pada saat seseorang telah menerima suara gaib yang konon katanya dari dewa. Masyarakat Bali sangat menghormati sekali gunung ini.

Kisah Legenda Puncak Mahameru Misteri Gunung Semeru Lumajang

Puncak gunung ini pernah dijadikan sebagai spot film terkenal di Indonesia, yaitu film 5 CM. Konon, gunung Mahameru 5 CM, yang menjadi puncaknya, adalah tempat bersemayamnya para dewa.

Mahameru adalah nama puncak Semeru. Tempat ini merupakan titik paling tinggi di Pulau Jawa. Menurut mitos, jika siapa saja ingin mendengar suara dewa, mereka harus ke sana dan bersemedi.

Semeru adalah Pakunya Pulau Jawa

Misteri gunung Semeru Lumajang yang masih banyak yang meyakini adalah sebagai paku dari Pulau Jawa.

Konon, diceritakan bahwa di pulau Jawa dulunya mengambang dan terombang ambing di lautan. Kemudian para dewa memakunya dengan Semeru agar diam.

Menurut legenda setempat, dulunya Pulau Jawa berada di India. Warga setempat masih sering mengkisahkan cerita tersebut. Masyarakat meyakini hal ini, karena konon tertulis di kitab kuno yang dibuat pada abad ke-15.

Di Indonesia, kebanyakan gunung memiliki juru kunci. Gunung Semeru juga memiliki juru kunci bernama Mbah Dipo.

Para juru kunci ini, memiliki tugas untuk menerima pesan apa yang akan terjadi pada gunung tersebut.

Kisah misteri Gunung Semeru dan Mbah Dipo cukup populer. Beliau adalah sosok yang sangat populer di kalangan para pendaki. Namun, saat ini dia telah meninggal. Ada kisah yang berkaitan dengan pesan dari beliau. Mbah Dipo berpesan, jika Semeru Meletus, jangan lari ke arah gunung, larilah ke arah sungai.(Manu)

 

Sumber : sonora.id

  • Bagikan