Pantas Makan Mie Instan Di Warung Kopi Lebih Enak! Ternyata Ini Rahasianya

  • Bagikan
mie instan
Bagi penggemar mie instan, tekstur yang kenyal dan tidak lembek biasanya jadi favorit banyak orang/Foto: Ilustrasi/Istimewa

JAWA TIMUR, INDOtayang.COM — Bagi penggemar mie instan, tekstur yang kenyal dan tidak lembek jadi favorit banyak orang. Biasanya saat Anda memesan mie di warung kopi, Anda pasti sering minta yang di masak jangan terlalu matang bukan?

Memang tekstur mie yang terlalu lembek akan membuat kekenyalannya hilang. Nah untuk mendapatkan tekstur yang pas, memang tidak ada patokan khusus meski sudah ada cara memasaknya dalam kemasan.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan tekstur mie yang kenyal dan tidak lembek saat memasak, coba deh ikuti tips berikut ini.

Apa saja tipsnya? simak ulasannya.

Cara Memasak Mie Instan Agar Hasilnya Kenyal dan Tidak Lembek

Memasak mie yang terlalu lama akan menjadi lembek dan hancur. Sementara, jika durasi memasaknya kurang, teksturnya pun masih keras dan kurang nikmat saat menyantapnya.

Pastinya Anda tidak mau bukan, jika hasil olahan makanan favorit itu justru mengecewakan seisi rumah.

Ada 4 tips yang wajib sekali Anda lakukan saat memasak agar hasilnya kenyal, tidak lembek dan lengket. Mengutip dari buku “Mi Goreng Dan Mi Rebus Populer Daerah” oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Siram air panas

Ya, biasanya sebagian besar orang akan memasukkan mie saat air mendidih. Namun kebiasan ini justru membuatnya lembek dan hilang tekstur kekenyalannya.

Sebelum memasak, sebaiknya siram mie dengan air panas terlebih dahulu. Melakukan hal ini guna menjaga kebersihan dan membuat lapisan tepung terlepas.

Secara tidak langsung, proses tersebut bisa membuat tekstur mie rebus lebih lembut dan kenyal saat kita mengolahnya.

2. Seduh dan rendam mi

Beberapa jenis mie, seperti mie basah atau mie telur, baiknya diseduh dan direndam terlebih dulu. Proses penyeduhan dan perendaman dapat membuat mie cukup lemas tapi tidak lunak.

Untuk merendamnya, cukup gunakan air panas bersuhu 70 derajat celcius. Jangan gunakan air mendidih agar mie telur tidak lembek. Sementara, waktu merendamnya yakni sekitar15-20 menit saja.

3. Proses merebus mi

Cara merebus mie agar tidak lembek cukup simpel. Kuncinya ada pada durasi perebusannya. Saran waktu untuk merebus yaitu sekitar lima menit.

Atau, ikuti petunjuk dari kemasan karena masing-masing mie memiliki tekstur berbeda. Setelah direbus, kemudian segera diangkat dan ditiriskan.

Lalu cara merebus mie yang benar adalah siram dengan air mengalir sampai cukup dingin agar proses pematangannya berhenti. Tiriskan kembali sebelum kita mengolahnya.

Untuk olahan mie rebus, proses memasak harus dilakukan maksimal satu jam sebelum dihidangkan. Dengan begitu, tidak akan menjadi lunak dan lembek.

4. Beri minyak goreng

Ada jenis mie yang lengket saat direbus, seperti mie basah atau mie telur dan bihun. Untuk mencegahnya, coba tuang sedikit minyak goreng di air rebusan atau rendamannya.

Kemudian aduk sesekali agar mie tidak menempel di dasar panci dan menjadi gosong.(Manu)

Sumber : sajiansedap.com

  • Bagikan