Pebisnis dan Entrepreneur Ternyata Berbeda, Mau Tahu Apa Bedanya?

  • Bagikan
business owner dan entrepreneur
Ilustrasi tangga entrepreneur/Istimewa

JAWA TIMUR, INDOtayang.COM–Selama ini kita sering beranggapan bahwa entrepreneur dengan pebisnis adalah sama. Secara garis besar dan harfiah, entrepreneur dan pebisnis adalah dua orang yang sama-sama memiliki bisnis.

Tapi secara mendasar, keduanya memiliki perbedaan. kapan saya boleh menyebut diri business owner  dan kapan menyebut diri sebagai entrepreneur dan juga pengertian business owner dan entrepreneur.

keren… selain ini kira-kira perbedaan lainnya antara business owner dan entrepreneur apa ya?

Meskipun sama-sama bekerja membangun jaringan dan mencari keuntungan, tapi passion menjadi hal mendasar yang membedakan antara entrepreneur dan pebisnis.

Pebisnis cenderung mengerjakan bisnisnya karena benar-benar mengejar keuntungan atau profit dari bisnisnya. Sedangkan seorang entrepreneurship tidak hanya mengejar profit. Ia juga memiliki passion terhadap apa yang ia kerjakan.

penjelasan singkatnya sebagai berikut

  1. Employee: saat kita magang/bekerja untuk keuntungan orang lain, kita bisa mempelajari banyak pekerjaan berbeda di berbagai aspek bidang.
  2. Self Employed: saat kita memulai bisnis sendiri, semua aktifitas kita kerjakan sendiri, mulai dari menyediakan modal, produksi, sampai penjualan
  3. Manager: saat kita sudah punya karyawan dan kita melakukan pengawasan semua aspek bisnis
  4. Business Owner: saat bisnis kita sudah bisa berjalan sendiri dengan sebuah sistem, bisnis mampu menghasilkan profit tanpa kehadiran kita.
  5. Investor: Saat kita menggunakan sumber dana kita sendiri untuk membeli peluang bisnis lainnya, seperti property, paper aset dan business lainnya
  6. Entrepreneur: Saat kita sudah mampu membeli dan mengembangkan bisnis dengan uang orang lain dan menciptakan investasi serta sumber modal bagi bisnis-bisnis selanjutnya.

Nah dari uraian diatas, kita masing-masing bisa menilai, posisi kita ada di tangga ke berapa?

semoga bermanfaat

(Manu)

Sumber : KOLABORA (Komunitas Laba Bogor Raya)

  • Bagikan