5 Tempat Paling Angker di Jawa Timur Untuk Kamu Yang Suka Uji Nyali

  • Bagikan
alas purwo klampis ireng alas ketonggo nusa barong dan alas lali jiwo tempat angker di jawa timur
Alas Purwo yang berlokasi di Banyuwangi disebut sebagai tempat kerajaan jin dan dedemit, dan dianggap tempat paling angker di Jawa Timur/Ist.

BANYUWANGI, INDOtayang.COM–Jawa Timur memiliki banyak tempat yang dianggap angker, mitos, klenik, dan tempat yang dihubung-hubungkan dengan hal gaib alias tak kesat mata, seperti Alas Purwo di Banyuwangi.

Tempat yang memiliki aura mistis di Jawa Timur itu mungkin bisa dibilang legendaris dan primadona bagi mereka yang suka berpetualang dalam hal-hal bersifat gaib.

Berikut 5 tempat yang dianggap paling angker di Jawa Timur yang berhasil dilansir dari berbagai sumber, dan bisa kamu coba untuk uji nyali;

 

1. Alas Purwo, Banyuwangi
Banyuwangi menyimpan satu tempat paling angker dan mengerikan di Jawa Timur, bahkan mungkin di Indonesia bernama Alas Purwo.

Alas Purwo ini adalah hutan cagar yang fungsi konvensionalnya sebagai daerah hutan lindung untuk menjaga ekosistem spesies hewan dan tumbuhan di dalamnya.

Alas Purwo berlokasi di Banyuwangi/Ist.

Namun di balik itu semua, Alas Purwo ini juga menyimpan hal-hal bernuansa mistis yang luar biasa.

Menurut cerita, konon Alas Purwo adalah tempatnya kerajaan jin, tempat di mana semua dedemit dan makhluk halus lainnya berkumpul.

Katanya, jika sekali orang tersesat di dalamnya, maka dijamin tidak akan pernah bisa keluar lagi, kalau pun berhasil, maka hidupnya akan penuh sial.

Alas Purwo juga sering dikaitkan dengan nama Presiden Sukarno, dan presiden pertama ini katanya sering menghabiskan waktu untuk bersemedi di salah satu gua yang ada di dalamnya.

Alas Purwo juga sering dipakai orang dari seluruh Indonesia untuk bertapa, dan berlatih ilmu-ilmu kanuragan.

Meskipun terkenal sangat menyesatkan, sebenarnya ada satu cara yang bisa kamu lakukan ketika tersesat di Alas Purwo ini, yakni tetaplah berjalan lurus dan jangan pernah sekalipun menengok ke belakang.

 

2. Klampis Ireng, Ponorogo
Namaya terdengar mungkin dianggap biasa-biasa saja, namun bagi orang Ponorogo, mendengar Klampis Ireng membuat mereka merinding ketakutan.

Karena legenda mistisnya yang sudah terkenal turun temurun di daerah itu.

Klampis Ireng adalah sebuah bangunan lingkaran datar yang tengahnya terdapat sebuah lubang, terletak di Desa Sragi.

Klampis Ireng berada di Ponorogo/Ist.

Sebetulnya belum diketahui maksud dari bangunan ini, namun kata juru kunci yang menjaganya, bahwa Klampis Ireng dibangun oleh Semar, salah satu tokoh Punakawan dalam pewayangan Jawa.

Klampis Ireng ini pernah diterawang oleh orang yang mengaku sanggup melihat dimensi lain, dan hasilnya menurut orang itu sangat mengejutkan.

Dia melihat bahwa Klampis Ireng ini berbentuk kerajaan megah yang berlimpahkan emas, dan Semar sendiri yang menjadi rajanya.

Karena itu, Klampis Ireng sering dipakai sebagai tempat ritual dan bersemedi. Dulu tempat ini masih susah untuk ditemukan, namun sekarang sudah dikenal banyak orang.

Jika kamu penasaran dengan aura mistisnya yang melegenda itu, ya coba saja uji nyali di Klampis Ireng ini.

 

3. Alas Ketonggo, Ngawi
Jawa Timur juga memiliki hutan bernama Alas Ketonggo atau Srigati berada di Ponorogo, yang juga kental sekali dengan nuansa mistisnya.

Alas Ketonggo bertempat di Ngawi/Ist.

Dari namanya saja, sebenarnya sudah cukup menggambarkan apa yang ada di dalam hutan itu. Menurut bahasa setempat, Ketonggo terdiri dari kata “Katon” yang berarti terlihat, dan “Onggo” yang artinya makhluk halus.

Menurut sejarah, tempat ini adalah hutan tempat Prabu Brawijaya bersembunyi ketika Majapahit diserang Demak.

Dan konon di Alas Ketonggo ini juga sang raja dimakamkannya. dibuktikan dengan adanya sebuah makam tua.

Alas Ketonggo juga konon adalah sebuah kerajaan gaib, sehingga tempat ini juga sering dikunjungi banyak orang entah untuk bersemedi atau berziarah.

 

4. Nusa Barong, Jember
Nusa Barong merupakan salah satu tempat yang paling dikenal memiliki aura mistis kental di Jawa Timur, dan konon diantara pulau terluar di Indonesia ini menjadi daerah atau tempat untuk belajar ilmu-ilmu tentang hal gaib.

Nusa Barong bertempat di Jember/Ist.

Nusa Barong hanyalah pulau kosong tak berpenghuni, walaupun dulu sempat dijadikan tempat singgah di tahun 1700an.

Nuansa angker terasa, saat mulai masuk ke dalam hutan pulau itu. Sangat senyap namun tidak benar-benar sepi.

Namun demikian, diluar kesan mistisnya, Nusa Barong adalah pulau yang memiliki panorama indah luar biasa, dengan pantainya sangat bersih.

 

5. Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna
Di Jawa Timur dari deretan gunung yang ada, yang paling kental sekali dengan nuansa angker dan mistisnya adalah Gunung Arjuna. Dan ini sudah terbukti, terutama di kalangan para hiker yang sering ke tempat ini.

Alas Lali Jiwo bertempat di Gunung Arjuna/Ist.

Di Gunung Arjuno, salah satu tempat yang dianggap paling angker dan mengerikan adalah Alas Lali Jiwo.

Di daerah Alas Lali Jiwo ini kamu benar-benar diuji kemampuan membaca peta dan kompas.

Kalau tidak, kamu akan tersesat selamanya seperti cerita-cerita para pendaki yang hilang di Gunung Arjuna.(Jack)

  • Bagikan