Destinasi Wisata Goa di Pacitan Jawa Timur Suguhkan Panorama Eksotis

  • Bagikan
destinasi wisata goa di pacitan jawa timur
Gua Gong yang berlokasi di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur/Foto: Istimewa.

KABUPATEN PACITAN, INDOtayang.COM—Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, memiliki berbagai destinasi wisata sangat indah dan mengagumkan, mulai dari pantai yang membuat manja mata sejauh memandang, hingga goa yang menakjubkan.

Terdapat banyak goa yang menjadi objek wisata di Pacitan, ini juga yang beralasan daerah itu mendapat julukan Kota 1001 Goa.

Berikut destinasi wisata goa di Kabupaten Pacitan, yang dilansir dari berbagai sumber;

Goa Gong Pacitan/Foto: Istimewa

Goa Gong
Kabupaten Pacitan, Jawa Timur merupakan daerah yang dikelilingi pegunungan kapur, sehingga tanah Pacitan nampak sangat gersang dan kurang subur.

Namun dibalik kondisi wilayah seperti itu, ternyata alam memberikan bonus tersembunyi di bawah permukaan tanahnya berupa keindahan panorama alam sangat eksotis berupa gua-gua kapur dihiasi stalaktit dan stalakmit.

Adalah Gua Gong yang berlokasi di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Inilah objek wisata di Pacitan yang populer sampai ke manca negara, Goa Gong menawarkan keindahan artistik, dan dinobatkan sebagai goa terindah se Asia Tenggara.

Goa Gong memiliki kedalaman sekitar 700 hingga 800 meter, memiliki ruangan besar dengan keunikan masing-masing, airnya begitu jernih dan terdapat batu yang berbunyi seperti gong jika ditabuh.

Gua Gong Pacitan ini memiliki banyak warna-warna cantik, ketika memansuki dalam gua, maka pengunjung langsung di sajikan deretan formasi terpadu dari stalaktit dan stalakmit, serta dengan bantuan penerangan cukup, wisatawan bisa menjelajahi lebih dalam menyusuri lorong-lorong gua sepanjang 256 meter.

Tepat di ujung lorong, wisatawan bakal menyaksikan fenomena alam menakjubkan, yakni berupa ruangan raksasa sepanjang 100 meter, lebar mencapai 15 hingga 40 meter dan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter, dan keajaiban alam seperti itu membuat siapa pun memasuki gua bakal berdecak kagum atas ciptaan Tuhan itu.

  Goa Song Terus Kabupaten Pacitan, Jawa Timur/Foto: Istimewa.

Goa Song Terus
Goa Song Terus adalah salah satu obyek wisata sejarah, tepatnya terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung. Di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan situs purbakala yaitu tempat di mana dulunya dihuni oleh manusia purba yang hidup di Pacitan, Jawa Timur.

Objek wisata goa ini penuh dengan kisah mistis. Di area Goa Song Terus ini banyak ditemukan tulang belulang kerangka manusia purba ribuan tahun lalu.

Karena itu, selain dijadikan destinasi wisata, goa itu juga menjadi tempat penelitian untuk arkeolog meneliti sejarah manusia purba.

Goa Song Terus menjadi perhatian para arkeolog, benda-benda temuan dari goa itu membuktikan adanya sejarah ”kerajaan” manusia purba di Jawa pada ratusan ribu tahun lalu.

Goa purba ini memiliki panjang 150 meter dengan lebar 10 hingga 20 meter, dan tinggi plafon 10 meter. Goa itu menarik perhatian sejak ditemukannya rangka manusia purba pada 1999.

Diperkirakan, rangka manusia purba tersebut berusia 10.000 tahun. Para arkeolog dan warga setempat sepakat menamainya Mbah Sayem, dan pemerintah pun bersiap membangun museum khusus tak jauh dari situs itu.(Jack)

  • Bagikan